Monday, December 22, 2014

Wawancara Tugas | Serial Supernova | September, 2014 | by Lizda Fathia


Apakah ada tujuan tertentu dalam menulis novel Supernova?

Saya ingin menuangkan pengalaman spiritual saya ke dalam fiksi, dan akhirnya saya menulis Supernova.

Dari manakah Anda mendapatkan inspirasi dalam menulis seri buku Supernova?

Kalau ditanya dari mana, saya nggak bisa jawab secara detail karena menurut saya inspirasi itu tidak tunggal dan datang dari mana saja, dari mulai observasi saya, buku-buku yang saya baca, pengalaman saya pribadi, dst. Yang saya tahu, Supernova memang ingin saya buat serial karena ceritanya belum habis di buku pertama.  

Dalam Supernova episode 1 dan 2, dpt terlihat perbedaan cerita dan suasana dalam novel, hal apakah yang membuat Anda memutuskan tema atau suasana tersebut?

Setiap episode Supernova memang berbeda-beda karena bergantung dari karakter yang menjadi naratornya. Jadi saya menyesuaikan tema dan suasana dari kebutuhan karakter utama.

Apakah Anda akan terus memperkenalkan karakter-karakter baru dan meneruskan sekuel novel Supernova?

Karakter utama yang baru hanya sampai di buku 5. Di buku ke-6 semua sudah bertemu, dan merupakan episode penutup.

Apakah hubungan antara karakter-karakter dlm seri Supernova Akar dan Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh?

Ada, tapi tidak semua tokoh. Hubungannya baru akan terungkap di buku terakhir.

Bagaimanakah pembaca dapat menggambarkan karakter-karakter novel Supernova? Apakah harus sesuai dengan deskripsi dari novel ataukah kita dapat berimajinasi dan mempunyai pemahaman masing-masing?

Saya rasa, penulis tidak punya otorisasi terhadap imajinasi pembaca. Ketika naskah sudah selesai dan dipublikasi, buku tersebut adalah milik pembaca. Jadi, terserah saja mereka mau mengimajinasikannya seperti apa.