Monday, December 22, 2014

Indonesia Menyala | Pack Your Spirit | April, 2013 | by Ayu Yudha


Buku apa yang paling menginspirasi?

Karena saya membaca banyak buku dengan berbagai tema, agak sulit untuk menentukan buku yang "paling". Tapi di tahun 1999, saya membaca buku yang bisa dibilang mengubah banyak cara pandang saya, yakni Conversation With God oleh Neale Donald Walsch.

Seberapa sering membaca?

Tergantung kebutuhan. Kalau sedang riset saya baca hampir setiap ada waktu kosong, sehari bisa 1-2 buku, tergantung tebalnya. Tapi kalau sedang santai, dan ingin santai, saya bisa seminggu lebih nggak membaca.

Kenapa membaca itu penting?

Membaca adalah cara belajar swalayan yang paling menyenangkan, menurut saya. Tentu yang saya maksud adalah membaca yang merupakan keputusan kita sendiri, bukan karena disuruh. Dengan membaca, saya bisa menyesuaikan informasi dan pengetahuan apa yang ingin saya cerap, dengan kecepatan dan kenyamanan yang saya sesuaikan sendiri. Membaca adalah sekolah mandiri. 

Saran untuk meningkatkan minat baca?

Ketahuilah minat Anda, dan dalami itu. Membaca seperti melatih otot. Semakin sering dilakukan, otot membaca kita semakin kuat, dan kita mulai bisa membaca berbagai variasi tema dan bobot. Tapi, tentu kita harus mulai membaca dari apa yang kita tertarik dulu.

Bagaimana minat baca penduduk Indonesia menurut Anda?

Ini pertanyaan yang terlalu luas untuk saya jawab karena disparitas masyarakat Indonesia sangat luas, dan jawaban saya tidak bisa mewakili semuanya. Untuk kota besar, saya rasa spirit membaca sudah lumayan tinggi, terbukti dengan makin bertambahnya jumlah toko buku, taman bacaan, penerbit, dan penulis. Tapi apakah itu sudah cukup jika dibandingkan masyarakat modern lain di dunia? Tentu masih jauh dari cukup.

Seberapa besar pengaruh gerakan-gerakan pembangkit minat baca yang telah ada?

Saya tidak mengikuti semua gerakan-gerakan tersebut, jadi jawaban saya juga tidak bisa mewakili kenyataan yang ada. Yang jelas, dengan adanya sosial media, segala macam ide semakin cepat dipertukarkan dan disuarakan, termasuk gerakan pembangkit minat baca. Tapi sejauh mana efektivitas dan implementasinya, saya tidak persis tahu.