Sunday, December 21, 2014

Tabloid NOVA | Self-Healing | Juni, 2012 | by Erni



Sejak kapan Dee belajar Self Healing? Apa manfaat yang Anda rasakan setelah mengenal dan bisa melakukan self healing?

Saya belajar self-healing pertama kali tahun 2008 dengan Reza Gunawan. Manfaatnya tentu saja dalam kesehatan sangat terasa. Sejak menyusui anak pertama (tahun 2004), saya memang sudah nggak mengonsumsi obat-obatan kimia/medis, latihan self healing semakin membantu saya untuk bisa menjaga kesehatan secara mandiri sekaligus tahu bagaimana menangani tubuh ketika sedang sakit atau kurang fit, jadi bukan sekadar nggak minum obat saja tapi kita punya skill yang bisa diterapkan seumur hidup untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mental.

Menurut Anda, self healing itu apa sih? Apa manfaat self healing bagi kesehatan dan kecantikan untuk Anda pribadi?

Rangkaian latihan sederhana menggunakan sentuhan, gerak, napas, dan meditasi, untuk mengembalikan kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

Apakah ada kaitannya self healing yang Anda pelajari dengan proses kreatifitas?

Self healing secara umum meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Otomatis, proses berkreasi dan sebagainya juga ditopang. Jadi nggak gampang sakit, lebih fit, dan tahu cara menangani stres.

Mungkin bisa dijelaskan, jika ada pengalaman Anda melakukan proses penyembuhan sakit yang diderita dan bagaimana hasilnya?

Sejauh ini sih cukup banyak. Saya memang nggak ada sakit berat atau kronis. Tapi yang jelas bisa hidup tanpa memakai obat-obat kimia sama sekali selama hampir delapan tahun buat saya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan dan melegakan.

Sulit enggak sih belajar untuk self healing? Apa yang harus dilakukan? Apa plus minus self healing? Apakah bisa untuk menjaga stamina dalam bekerja dan berkarya?

Tidak sulit sama sekali. Self healing sepertinya memang didesain Reza untuk bisa dilakukan oleh semua orang, kita tinggal perlu meluangkan waktu dan meniatkan diri untuk berlatih saja. Yang harus dilakukan tentu adalah ikut pelatihannya, mencoba latihannya secara rutin setiap hari (yang cuma memakan waktu kurang lebih 10-15 menit sehari) agar dampaknya terasa.

Apakah self healing bisa membuka aura kita hingga kecantikan kita dari dalam bisa keluar?

Saya nggak terlalu memahami soal aura, tapi menurut saya ketika kita sehat lahir batin, otomatis kecantikan lebih terpancar. Jadi bukan sekadar polesan di permukaan.

Berapa kali dalam seminggu Anda melakukan self healing? Apakah jika kondisi tubuh sedang tidak fit atau atau yang lainnya?

Latihan self healing idealnya dilakukan setiap hari, seperti minum vitamin. Ketika tidak fit, latihan bisa ditambah frekuensinya, biasanya yang tadinya mau flu, gejalanya jadi hilang sendiri ketika latihan self healing ditambah.

Buku terbaru, Partikel sudah launching dan sukses. Sepertinya di tahun 2012 ini, aktifitas dan karya yang di-launch ke masyarakat sangat banyak; buku, film, lagu. Tolong sedikit di-share bagaimana perasaan Anda saat ini atas beberapa karya yang keluar di tahun 2012?

Pada 2012 ini, selain Partikel memang ada dua film yang akan dirilis dari adaptasi karya saya, yakni Perahu Kertas dan Rectoverso. Single yang saya nyanyikan sendiri sih nggak ada. Hanya OST Perahu Kertas yang akan dinyanyikan oleh Maudy Ayunda, tapi lagunya saya yang buat. Perasaan saya ya senang tentunya, karya-karya tersebut diapresiasi dengan baik oleh masyarakat.