Monday, December 22, 2014

Tabloid Bintang Home | Cover Story | April, 2013 | by Deri Akhsan

 
Hai Mbak Dee dan Mas Reza, apa kabar? Kesibukannya apa saja akhir-akhir ini?

Kabar baik, terima kasih. Sebetulnya setengah tahun terakhir kami sangat fokus dalam menyelesaikan rumah baru, pindahan, dan beres-beres. Tapi belakangan kegiatan kami sudah kembali menormal. Reza masih menjalankan praktek, terapi, dan kegiatan mengajarnya di kliniknya, True Nature, dan sesekali menerima pasien juga di rumah, khususnya untuk mereka yang sudah cukup dekat. Saya sempat cukup sibuk juga dengan film-film yang diangkat dari buku-buku saya belakangan ini, tapi memasuki April-Mei sebetulnya saya mulai mengurangi kegiatan untuk mulai riset dan menulis buku baru.

Sejak kapan menempati rumah ini?

Sejak 12 Desember 2012.

Berapa luas lahan dan luas bangunannya?

Luas lahan 360m2 dan luas bangunan 420m2.

Arsiteknya siapa dan mengapa memilih beliau?

Sejak awal, kami sudah ingin membuat konsep 'rumah sehat hijau', yakni rumah yang ramah lingkungan, hemat energi, rendah toksin dan sehat jiwa raga bagi penghuninya. Selain itu kami juga punya kebutuhan-kebutuhan ruang yang spesifik; ada perpustakaan, ruang meditasi, ruang praktek penyembuhan holistik untuk Reza, dan kebutuhan lain yang sulit dipenuhi jika mengikuti standard bangunan di kompleks. Untuk itu, kami menawarkan konsep ini ke beberapa arsitek, lalu menjajaki respons dan ide mereka untuk mewujudkannya. Ridwan Kamil menyambut baik konsep kami, dan beliau berhasil membuat desain yang menjawab semua kebutuhan ruang kami. Karena itu akhirnya kami bekerja sama dengan Ridwan Kamil.

Mengapa mengaplikasikan vertical garden di fasad bangunan? 

Vertical garden adalah salah satu konsep yang diusulkan oleh Ridwan Kamil. Vertical garden membuat dinding ruangan di baliknya tidak panas karena ada semacam lapisan penyejuk. Lingkungan di sekitarnya pun ikut terteduhkan pemandangannya dengan hadirnya kehijauan vertical garden, apalagi untuk daerah BSD yang mataharinya cenderung terik. Menurut kami, vertical garden adalah opsi fasad yang menyegarkan ketimbang pelapis dinding beton biasa. 

Definisi rumah sehat menurut Dewi-Reza?

Rumah kami mengusung konsep Rumah Sehat Hijau. Artinya, rumah ini sedapat mungkin hemat energi, eco-friendly, minim toksin, minim polusi elektromagnetik, minim clutter, punya sirkulasi cahaya dan udara yang baik, serta memberikan kesehatan lahir batin bagi penghuninya.

Punya tips untuk menjaga rumah agar tetap nyaman dan sehat untuk keluarga?

Rumah nyaman, menurut kami, jauh lebih mudah diwujudkan, tapi rumah sehat membutuhkan lebih banyak ketelitian dan kerja keras. Selain sirkulasi cahaya dan udara yang harus ditata dengan baik, tentu kami juga butuh produk-produk bangunan yang mendukung kriteria sehat, hemat energi, dan minim toksin. Salah satunya adalah menerapkan penerangan LED untuk rumah, yang mana memenuhi kriteria hemat energi dan juga minim toksin (karena tidak mengandung merkuri sebagaimana bola lampu umumnya). Kami juga berhasil menemukan finishing kayu yang bebas toksin, kasur dengan bahan 100% lateks alami, dan cat berkualitas baik yang rendah VOC. Selain itu, kami juga mengatur jalur kabel listrik sedemikian rupa hingga tidak mengakibatkan ekses polusi elektromagnetik yang mengganggu istirahat, khususnya di kamar-kamar tidur. Sedapat mungkin kami tidak menyimpan barang yang tidak dibutuhkan, dan ini termasuk pakaian, buku, pajangan, dll. Secara berkala, kami sebisa mungin ingin mendonasikan barang-barang yang sudah tidak diperlukan. Kami rasa ini juga penting agar rumah terjaga tetap spacious dan tidak menumpuk energi stagnan dari barang-barang yang tidak terpakai.  Kami juga menerapkan solusi alami untuk membersihkan udara dalam rumah adalah dengan meletakkan tanaman-tanaman indoor tertentu. Tanaman seperti palem-paleman dan spatuphyllum secara riset sudah terbukti punya manfaat membersihkan udara. Untuk bahan-bahan pembersih rumah, kami sedapat mungkin menggunakan pembersih alami yang minim toksin, seperti baking soda, cuka, air soda.

Mengapa memilih Philips untuk pencahayaan dalam dan luar ruangan?

Waktu kami memulai riset, kami sudah menyadari penggunaan lampu LED menjadi pilihan yang paling ramah lingkungan dan sesuai konsep rumah yang kami ingin wujudkan. Dan saat ini, koleksi LED yang paling komplet untuk rumah tinggal adalah produk Philips Home Lighting. Bukan cuma indah secara estetik, kualitas lampu LED Philips juga memuaskan.

Dari mana kalian mendapatkan informasi berbagai produk Philips Home Lighting?

Kami riset sendiri dengan mengunjungi Philips Store dan berkonsultasi dengan timnya, hingga akhirnya menemukan bahwa produk Philips Home Lighting adalah pilihan yang paling tepat untuk kebutuhan kami.

Apakah ada yang membantu kalian memilih dan mengaplikasikan lampu-lampu tersebut?

Lebih ke trial and error, sih. Yang jelas, saya (Dewi) cukup sering bolak-balik ke outlet Philips Home Lighting untuk melihat dan mempelajari koleksi mereka serta menyesuaikan dengan kebutuhan di rumah. Saking seringnya baca katalog Philips, saya bahkan sampai hafal luar kepala beberapa nomor kode produk mereka, hehe.

Sunken Living Room, mengapa elevasinya dibuat lebih rendah? Ada filosofinya?

Ruangan di lantai 1 kami hampir tidak bersekat. Ruang keluarga dan ruang televisi berada di satu bidang. Elevasi yang berbeda menjadi "alat pemisah" tanpa harus ada partisi, tembok, dan sebagainya. Selain itu, ada kesan lebih hangat dan nyaman sekaligus solid, ketika sofa-sofa dan bantal dilingkupi oleh bidang kokoh di empat sisi. 

Philips Roomstyler LED diaplikasikan di Sunken Living Room tersebut, pertimbangannya apa?

Selain dari elevasi lantai, permainan drop-ceiling dan up-ceiling serta pemilihan lampu yang tematik membantu pemisahan ruangan dengan lebih halus. Kami menggunakan Philips Roomstyler model pendant di ruang televisi untuk "menjangkau" elevasi lantainya yang lebih rendah. Di ruang sebelahnya, yakni ruang tamu yang plafonnya bermodel up-ceiling, kami menggunakan model ceiling lamp. Jadi, ada kontras dengan lampu "tetangga"-nya.

Tiga buah inner court di rumah merupakan keinginan Dewi-Reza atau saran dari sang Arsitek? Mengapa mengaplikasikan banyak inner court?

Ridwan Kamil berusaha menghindari rumah yang "tebal", artinya ruangan dengan jarak bukaan yang jauh. Itu membuat sirkulasi udara lambat bahkan mandek. Karenanya, Ridwan Kamil membuat konsep "rumah di tengah hutan-hutan kecil" yang diaplikasikan menjadi rumah dengan banyak courtyard. Dengan demikian, jarak ruangan dengan bukaan dibuat setipis mungkin. Dengan konsep itu, rumah memiliki akses cahaya dan sirkulasi udara maksimal. Semua ruangan di rumah kami memiliki akses ke "hutan kecil" alias courtyard tadi. Ketika jendela kami buka, terasa rumah ini bernapas. Udara mengalir lancar. Untuk area yang ada di pojokan, beliau menyiasatinya dengan membuat skylight. Contohnya, untuk tangga utama yang terletak di pojok rumah. Seharusnya ini menjadi area yang gelap. Tapi, dengan membuat atap skylight, cahaya matahari menembus atap kaca dan menjadikan tangga kami terang benderang oleh sinar alami. Akibatnya, pemakaian lampu dan AC jadi minim. Kami juga tidak punya masalah dengan nyamuk karena serangga tidak "terperangkap" di rumah. Salah satu keunikan rumah ini antara lain banyaknya kupu-kupu yang hinggap. Mungkin karena rumah ini dilingkupi oleh area hijau dan punya banyak jendela, banyak kupu-kupu dan capung yang masuk ke rumah, tapi dengan mudah keluar lagi karena sirkulasinya banyak.

Keindahan inner court disempurnakan dengan pencahayaan dari produk-produk OuterStylers Philips. Dari mana Dewi-Reza mendapatkan ide pencahayaan ini?

Kalau malam hari, inner court perlu kami terangi karena kalau tidak akan kelihatan seperti blok hitam dari dalam ruangan. Dan, itu membuat suasana jadi kelam. Jadi, penerangan di setiap inner court juga penting. Tentu, intensitas cahayanya juga harus pas, karena kalau nggak malah jadi terlalu silau, dan mengganggu ambience rumah. Philips Outsyler memberikan keleluasaan bagi kami, karena sebagian besar produk yang kami pilih memakai bohlam tipe E27, yang artinya kami bisa tetap memakai bohlam LED untuk lampu-lampu eksterior kami. Selain itu, desain Philips Outsyler memiliki rentang luas, dari mulai klasik hingga minimalis, jadi cukup mudah menemukan desain lampu yang pas untuk rumah kami.

Mengapa Ruang Makan menggunakan 4 jenis pencahayaan yang berbeda. Dari functional lighting sampai lighting aksesori?

Ruang makan sebetulnya hanya ada dua jenis lampu utama. Pertama, lampu pendant untuk menerangi meja makan. Ini yang paling sering kami gunakan. Pencahayaan kedua, hanya untuk ambience, yakni lampu LED striplight di upceiling. Pencahayaan lainnya sebetulnya lebih ke aksentuasi dinding, karena kami berencana memasang artwork di dinding-dinding.

Adakah pencahayaan khusus untuk kamar Keenan dan Atisha? Bagaimana menata pencahayaannya?

Ada tiga tipe luminasi yang kami gunakan di rumah. Kelvin 4000, yang warnanya di antara kuning dan putih, jadi cenderung pink, untuk semua ruang publik dan ruang kerja. Dan, untuk pencahayaan 4000K ini kami memakai koleksi Ledino dari Philips. Untuk ruang servis, kami menggunakan Kelvin 6500, yang sinarnya lebih putih. Untuk semua ruang tidur dan kamar mandi, kami menggunakan Kelvin 2700 yang lebih kuning, jadi lebih cocok untuk suasana temaram dan istirahat. Di kamar anak kami pakai downlight dengan bohlam LED MyVision Philips, dengan dua lampu aksen model pendant di atas meja belajar mereka sesuai dengan karakter dan gender anak. Untuk Keenan kami memilih lampu bentuk roket, untuk Atisha kami pilih lampu bentuk fairy.

Apakah Ruang Kerja dan Perpustakaan juga menggunakan pencahayaan khusus?

Perpustakaan menggunakan koleksi Ledino dari Philips. Kami berusaha maksimal untuk pencahayaan di sana karena fungsi perpustakaan adalah mencari buku dan membacanya. Tapi, karena perpustakaan kami juga memiliki sofa untuk menonton televisi, jadi kami menambahkan standing lamp sebagai pilihan ambience. Ruang kerja Reza memakai koleksi Ledino, model pendant dan ceiling. Ada satu ruang kerja lagi, yakni ruang kerja bersama, yang pemanfaatannya lebih untuk saya atau anak-anak kalau mau mengerjakan pe-er, printing dokumen, dsb. Ruang kerja bersama ini bergabung dengan selasar di lantai 2, jadi kami aksentuasi pencahayaannya dengan penambahan pendant lamp dari koleksi Roomstyler Linea tepat di atas merja kerja.

Bagaimana Philips Home Lighting membantu Mbak Dee & Mas Reza dalam bekerja dan berkarya di rumah?

Pencahayaan adalah salah satu pilar utama dalam mengonsep rumah. Bisa dibilang, itulah gantinya cahaya matahari ketika malam tiba. Jadi, secara fungsional tentu lampu harus membantu kami seoptimal mungkin. Namun, optimal tidak berarti flat. Karakter rumah juga harus muncul lewat pencahayaan. Untuk itu, ambience, tipe lampu, posisi lampu, dan item yang akan diaksentuasi harus diperhitungkan dengan baik. Barulan pencahayaan bisa mendukung kami secara fungsional dan emosional. Sejauh ini, kami sangat puas dengan koleksi Philips Home Lighting yang kami aplikasikan di rumah. Dengan pencahayaan yang nyaman dan tepat, rumah ini benar-benar menjadi sanctuary bagi penghuninya.

Adakah kriteria pencahayaan yang dapat membantu Dewi-Reza untuk mendapatkan mood yang baik di rumah?

Fungsi, kualitas, ramah lingkungan dan estetika. Konsep pencahayaan kami sendiri adalah, tata lampu harus menyatu dengan rumah. Tidak overwhelming, tapi tidak juga underwhelming. Jadi, harus pas di tengah-tengah. Dan dengan setiap ruangan punya fungsi dan konsep yang berbeda, tentu pencahayaan pun harus mengikuti. Jadi, tidak dipukul rata untuk semua ruang.

Bagaimana cara Dewi-Reza menghemat listrik dari lampu-lampu yang digunakan?

Karena siang hari cahaya matahari bisa dibilang tumpah ruah di rumah kami, tapi tidak terik dalam ruangan, sepanjang hari kami hampir tidak pernah menyalakan lampu. Kecuali di area servis yang letaknya agak di pojok dan butuh sedikit penerangan ekstra. Menjelang malam, baru lampu-lampu kami nyalakan. Untungnya, setiap ruangan punya pencahayaan lebih dari satu opsi. Kalau mau fungsi maksimal, berarti semua lampu dinyalakan, ini berlaku kalau sedang ada acara, misalnya. Tapi kalau untuk sehari-hari, kami bisa reduksi penggunaan lampu dengan hanya menyalakan yang utama saja, atau yang ambience saja. tergantung mood dan kebutuhan. Jadi, jarang sekali kami harus menggunakan full semua lampu. Selain itu, penggunaan 95% LED di rumah juga sangat menghemat biaya listrik.


Apa pendapat kalian tentang teknologi lampu LED, apakah Mbak menggunakannya di rumah?

LED adalah teknologi masa depan yang transisinya sudah dimulai dari sekarang. Itu terlihat dengan semakin banyaknya pilihan LED di pasaran. Saya cukup yakin, LED akan menjadi pilihan utama di masa depan. Apalagi secara global kita mengalami isu lingkungan dan energi. Mau tidak mau, dunia harus beralih ke apa pun yang lebih hemat energi. Kami senang bisa memulai pemakaian LED di rumah baru kami ini. 95% lampu dan bohlam kami sekarang sudah LED.