Saturday, December 20, 2014

Majalah NEXT (Nexian) | Profil | Juli, 2011 | by Mahadi Asman


Lagi sibuk mengerjakan apa sekarang?

Baru saja merilis kumpulan cerpen berjudul Madre. Saya lebih banyak sibuk di rumah, karena masih fokus mengurus anak kedua saya yang baru 21 bulan.

Menyanyi dan menulis yang mana menjadi prioritas Dewi?

Buat saya, prioritas itu ditentukan oleh mana yang feasible dan mungkin untuk dikerjakan sesuai dengan sikon yang ada. Saat ini, karena saya masih full mengurus anak, otomatis saya rehat dulu dari kegiatan menyanyi. Menulis saat ini jauh lebih feasible karena saya bisa mengerjakannya dari rumah.

Bagaimana Dewi melihat dunia tulis menulis saat ini?

Saya lihat perkembangannya cukup baik. Dari banyak aspek, terlihat kemajuan secara global. Kualitas produksi buku-buku sekarang membaik, judul juga banyak, toko buku membanyak, animo pembaca juga baik. Barangkali yang perlu diperhatikan adalah penyebaran yang lebih merata ke daerah-daerah, dari segi jumlah toko, kecepatan distribusi, dsb. Jadi yang di daerah atau kota kecil nggak ketinggalan dibandingkan kota besar.

Apakah persamaan antara menulis dan menyanyi?

Sama-sama seni, sama-sama harus pakai hati, sama-sama hobi saya.

Di antara buku yang Dewi tulis mana yang paling Dewi kagumi? Dan kenapa?

Pertanyaan sulit karena setiap buku yang saya tulis menurut saya punya karakter dan tantangan yang berbeda-beda. Sulit dibandingkan "apple to apple".

Saat seperti apa paling sering mendapatkan inspirasi?

Justru di saat paling tidak mengharapkan munculnya inspirasi. Bagi saya inspirasi itu tidak dicari, tapi ia akan menemukan kita. Dan, momennya tidak bisa diduga-duga. Contohnya, Malaikat Juga Tahu, saya dapat melodinya justru lagi menyikat gigi. Nggak mengharapkan bikin lagu kan kalau lagi sikat gigi? Hehe. Tapi kalau kejadian, ya, nggak bisa menolak.

Dari fitur ponsel, mana yang paling sering Dewi gunakan dan yang sangat menolong?

Push-email dan internet (koneksi data). Karena saat ini komunikasi saya lebih banyak via online, nggak banyak lagi pembicaraan telepon, SMS juga hanya sekali-sekali.

Apa yang pertama kali dilakukan ketika pertama kali bangun pagi?

Minum air putih. Lalu bikin sarapan untuk keluarga.

Di mana tempat yang paling indah untuk liburan, menulis dan membuat lagu?

Kalau liburan saya nggak pernah nulis atau bikin lagu, hanya murni rekreasi. Soalnya bagi saya, menulis dan membuat lagu itu adalah pekerjaan. Tempat libur favorit saya di Ubud, Bali.

Tema majalah kita bulan ini "sang juara". Apa makna sang juara menurut Dewi?

Sang Juara berarti orang yang berhasil mengalahkan musuhnya paling besar, yakni dirinya sendiri.

Siapa "sang juara" yang paling Anda idolakan?

Siddhartha Gautama.

Rencana besar Dewi ke depan?

Menyelesaikan serial Supernova.