Monday, December 22, 2014

Good Housekeeping | Resolusi Kesehatan 2014 | Desember, 2013 | by Brigida Marcella


Apa resolusi untuk hidup lebih sehat di tahun 2014? (Misal, ikut lari marathon, dll?)

Yang sifatnya lebih fisik, secara berkala saya ingin melakukan program detoks / clean eating. Selama ini saya ikut program Clean dari dr. Junger, saya beli bukunya dan ikut discussion groupnya di internet. Ada beberapa macam program dari dr. Junger. Tahun 2013 saya mencoba program Clean Gut. Tahun 2014 mudah-mudahan bisa mengulangi Clean Gut sekali lagi dan mencoba program Refresh untuk maintaning. Untuk yang sifatnya lebih halus (batin), saya ingin melanjutkan course Bach Flower Remedy yang sudah saya ikuti level 1-nya di 2013, tahun 2014 akan melanjutkan ke level 2. Bach Flower Remedy adalah metode healing yang menggunakan energi tumbuhan untuk menjaga keseimbangan fisik dan batin.

Apakah Anda memiliki masalah kesehatan di tahun 2013? Karena apakah?

Tidak ada.

Bagaimana Anda mengatur pola makan di tahun 2014? Dari pola makan sehari-hari dan menu makanan apa yang akan dihindari.

Saya sebetulnya tidak ingin berkiblat ke satu pola makan saja, karena menurut saya hal seperti itu sukar berjalan permanen, dan kalau pun ada yang bisa, biasanya banyak yang harus dikorbankan. Jadi, saya sih cenderung biasa-biasa saja, tidak banyak pantangan ini-itu. Everything in moderation. Yang saya rasa lebih berdampak bagi tubuh saya adalah menjaga tidak overeating alias makan terlalu kenyang serta menjaga jam makan yang stabil. Prinsip masyarakat tradisional Jepang "hara hachi bu" yakni makan sampai 80% kenyang, bagi saya sangat efektif, begitu juga sesekali menjalankan detoks dan clean eating.

Apa godaan yang sering mengganggu Anda ketika menjalankan program diet atau makan sehat?

Kalau yang ekstrem (juicing, zero carbs, dst) biasanya yang berat adalah adaptasi tubuh dan mental, seperti orang detoks di retreat, biasanya lemas dulu, emosi terpengaruh, dsb. Tapi sesudah lewat masa adaptasi biasanya oke-oke saja. Kalau yang tidak terlalu ekstrem perubahannya, seperti clean eating, dsb, itu lebih ke arah godaan makanan yang biasanya kita sukai tapi tidak ada di dalam program. Jadi lebih ke godaan cita rasa saja.

Bagaimana strategi Anda untuk mengkondisikan diri agar program di tahun 2014 tetap dapat berjalan dengan baik dan berhasil?

Serius tapi santai. Kalau terlalu militan biasanya hasilnya bagus di depan tapi tidak bertahan lama dan banyak yang dikorbankan. Banyak yang tidak sadar bahwa apa yang kita makan sangat berpengaruh pada kondisi mental kita dan sebaliknya. Kalau kita terlalu ngotot akan sesuatu, walaupun di atas kertas itu baik untuk tubuh, secara mental kita tergerogoti. Jadi, menjalankan satu program tertentu dengan mental yang relaks, penuh humor, dan tidak terlalu ngoyo, juga penting.