Monday, December 22, 2014

BandungUpdate.Com | Film KPBJ | Mei, 2014 | by Asri Pandanwangi

-->
Mbak Dee katanya Supernova KPBJ akan dibuat filmnya juga, ya? Siapa yang memproduserinya? Disutradarai siapa?

Iya, yang memproduseri Sunil Soraya dari Soraya Film, yang menyutradarai Rizal Mantovani.

Siapakah nantinya artis yang akan jadi pemeran tokoh Diva, dan tokoh utama lainnya dlm KPBJ?

Sejauh ini yang sudah diumumkan resmi adalah Herjunot Ali sebagai Ferre, Raline Shah sebagai Rana, Arifin Putra sebagai Reuben, dan Paula Verhoeven sebagai Diva.

Gimana perasaan Mbak terkait akan difilmkannya KPBJ?

Senang sih difilmkan, tapi deg-degan juga karena belum terbayang nanti hasilnya seperti apa.

Harapan Mbak terhadap film KPBJ ini?

Mudah-mudahan menjadi karya film yang baik. Soal puas atau tidak puas, pasti ada pembaca yang puas dan yang tidak. Jadi, yang penting sebagai film, Supernova bisa jadi film yang baik. Itu saja.

Apakah nantinya soundtrack filmnya juga Mbak Dee yang bikin seperti film Perahu Kertas dan Rectoverso?

Belum tahu. Sampai sejauh ini belum ada pembicaraan ke arah sana.

Terhadap film Perahu Kertas dan Rectoverso yg sudah difilmkan, apakah Mbak Dee puas (atau masih ada yang mengecewakan) dgn hasilnya mengingat Mbak adalah penulis novelnya?

Kalau dibilang seratus persen puas sih ya enggak, dalam setiap produksi pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Yang jelas, saya belajar banyak untuk menghargai bahwa film adalah karya tersendiri. Berharap bahwa film akan bisa sesuai persis dengan buku adalah harapan yang tidak realistis.

Bagaimana dgn kepuasan penonton di luar sana, apakah Mbak Dee pernah mendapat tanggapan/komentar kecewa dr penonton atas hasil film dr novel2 Mbak yg sudah difilmkan? Misalnya filmnya tidak seseru novelnya karena seringkali novel yg difilmkan hasilnya suka mengecewakan.

Yang berpendapat demikian sih pasti ada. Dan itu umum terjadi untuk semua film yang diadaptasi dari buku. Karena film adaptasi buku tidak menghadapi penonton yang semuanya netral, yang baca buku pasti datang dengan perbandingan. Tidak mungkin untuk memuaskan imajinasi semua orang.

Gimana dengan Rectoverso keempatnya Partikel, sudah berapa kopi bukunya yang terjual? Apakah itu menjadi episode terakhir Supernova?

Untuk penjualan, saya tidak tahu persis. Bisa ditanyakan ke Bentang Pustaka. Partikel bukan episode terakhir. Masih ada dua lagi.

Kabar Mbak Dee sekarang sedang sibuk garap apa?

Sedang nulis episode kelima Supernova, berjudul Gelombang.

Bisa diceritakan Mbak keseharian Mbak bareng keluarga di tengah kesibukan berkarier di dunia tulis menulis dlsb?

Kegiatan saya biasa saja sebetulnya, lebih banyak aktivitas domestik. Mengurus anak-anak, rumah, suami, masak, belanja, dsb. Di luar dari itu saya menulis. Dan kalau lagi promosi, ya ada aktivitas promosi. Tapi kalau enggak saya lebih banyak kerja di rumah.