Sunday, December 21, 2014

The Jakarta Post | Kegiatan Weekend | Juni, 2012 | by Frederica Ermita


Bisa diceritakan sedikit kesibukan Mbak Dee sekarang ini?

Saat ini sedang menjalani rangkaian tur booksigning untuk seluruh Indonesia. Total ada 15 event hingga September nanti, dipotong bulan puasa dan Lebaran.

Apakah kesibukan sehari-hari akan terhenti sejenak saat weekend? Apa arti weekend buat Mbak Dee ?

Karena saya bukan orang kantoran, jadi buat saya setiap hari feel-nya kurang lebih sama. Bedanya mungkin anak saya yang sudah SD libur saat weekend.

Ritual dan kegiatan apa saja yang Mbak Dee lakukan saat weekend?

Tidak ada yang khusus. Kalau ada pekerjaan, ya berarti bekerja. Contohnya, booksigning ini. Karena jatuhnya hampir semua pada saat weekend, ya berarti weekend menjadi waktu bekerja buat saya. Kebetulan suami saya juga sama, pekerjaannya mengajar dan memberi workshop saat weekend. Jadi hari libur kami seringnya jatuh di weekdays.

Saat masih kecil, Mbak Dee menghabiskan weekend dengan kegiatan apa saja?

Tidak tentu juga. Tiap hari Minggu waktu kecil saya biasanya sekolah minggu. Sabtu dulu kan sekolah, nggak seperti sekarang.

Makanan favorit Mbak Dee waktu masih kecil apa saja?

Saya suka masakan Indonesia, jajanan pasar. Selera saya lebih tradisional. Khususnya saya suka masakan Sunda yang simpel dan banyak sayur segar/mentah.

Tempat liburan favorit Mbak Dee di mana ya ? Kenapa memilih tempat ini ?

Di Ubud, Bali. Suasananya Bali tapi tidak sepanas pantai. Saya juga suka restoran-restorannya, pemandangan lembah dan sungainya, juga suasana spiritual yang masih kental terasa.

Apakah ada pakaian favorit saat berlibur? Dalam keseharian, Mbak Dee sendiri paling senang mengenakan busana seperti apa?

Pakaian saya berlibur dan enggak hampir sama, hehe. Saya senang baju yang santai dan nyaman dipakai. Baju gemerlap hanya digunakan di panggung saja. Sehari-hari saya nggak suka pakai sepatu hak, make-up, aksesoris yang terlalu banyak. Pokoknya serelaks mungkin.

Sebagian orang punya guilty pleasure, misalnya senang makan coklat. Apakah Mbak Dee punya guilty pleasure? Kalau ada apa dan kenapa?

Mie instan. Saya tahu nggak sehat, tapi sesekali saya makan juga, hehe.

Apakah ada hal-hal, kebiasaan atau sifat yang orang tidak tahu tentang Mbak Dee? Kalau ada, apa ya ?

Apa, ya? Sepertinya dengan Twitter, orang banyak tahu keseharian saya seperti apa. Saya senang dengan kerapihan. Sepertinya saya punya sedikit kecenderungan OCD (obsessive compulsive disorder). Kalau ada barang miring sedikit, saya suka gemas membetulkan.

Perawatan kecantikan seperti apa yang biasanya Mbak Dee lakukan ?

Cuci muka dua kali sehari, pakai pelembap. Sebulan sekali facial. Kalau sempat spa atau luluran. Tapi belakangan jarang ada kesempatan.

Apa buku favorit Mbak Dee ? Kenapa memilih buku ini ?

Nggak ada yang spesifik. Saya nggak memfavoritkan buku tertentu karena penulisnya, tapi lebih kepada topik apa yang sedang saya suka saat ini. Belakangan saya senang membaca "alternative archeology". Buku-buku karya Graham Hancock, Andrew Collins, dll.

Apa film favorit Mbak Dee? Kenapa memilih film ini ?

Nggak ada yang spesifik juga. Kalau ada waktu luang, saya lebih suka nonton film serial. Belakangan yang saya ikuti adalah serial Criminal Minds, Fringe, dan Castle.