Sunday, December 21, 2014

Majalah Tumbuh Kembang | Rubrik Bintang Tumbuh Kembang | April, 2011 | by Deti Gurnita


Di antara kesibukan Dewi, kegiatan apa nih yang kira-kira sering dilakukan bersama anak-anak? Dan seperti apa membagi waktunya?

Anak kedua saya, Atisha, masih 17 bulan, jadi selalu saya dampingi tiap harinya. Justru saya yang mengurangi drastis kegiatan saya untuk bisa menemaninya. Kalau Keenan, sudah kelas 1 SD, jadi kegiatan saya dengan dia lebih banyak membimbing belajar, membaca buku bersama. Dan kalau weekend, kita sesekali jalan-jalan bareng sekeluarga. Saya banyak bekerja dari rumah, jadi paling saya mengkhususkan 2-3 jam bekerja (menulis, dsb), habis itu sudah. Saya nemani anak-anak lagi.

Kejadian atau kebiasaan unik apa nih yang sedang terjadi di keluarga?

Menurut saya sih, sebetulnya kebiasaan-kebiasaan kami biasa-biasa saja. Sedang menikmati perkembangan pesat Atisha dan menikmati humor dan kelakuannya Keenan yang penuh kejutan.

Apa saja perkembangan pesat Atisha yang sekarang Dewi amati?

Dia sangat "connect" dengan orang. Pandangannya selalu fokus, dan dia seperti memahami semua yang kita komunikasikan, meskipun dia belum bisa bicara seperti orang dewasa. Saat ini dia sangat pintar meniru, sangat senang bicara, sangat senang menari.

Humor dan kelakuan Keenan apa saja yang sering membuat Dewi terkejut?

Komentar-komentarnya suka tidak terduga. Saking seringnya saya udah nggak inget lagi satu-satu, cuma sering saya posting aja di Twitter, hehe.

Pola dan rules apa yang telah dibangun dan sedang berjalan di keluarga Dewi?

Kami mengajarkan anak-anak untuk tidak ragu mengungkapkan perasaan mereka, karena bagi kami itu lebih sehat untuk perkembangan mentalnya. Dan kami juga membiasakan menghargai perasaan mereka. Kalau mereka kelihatan sedih atau ngambek, kami ajak bicara baik-baik, permasalahannya apa, kenapa merasa seperti itu, dsb. Meski Atisha belum berkomunikasi verbal dengan jelas, tapi kami tetap sebisa mungkin menunjukkan itikad kami untuk menghargai perasaannya.

Sebagai penulis, pasti ada beberapa cerita yang terinspirasi dari anak-anak. Sebenarnya, sebagai orangtua, apa yang paling Anda harapkan dari mereka? dan bagaimana arti anak-anak sendiri di hidup Anda?

Saya berharap mereka tumbuh maksimal sesuai dengan potensi yang mereka punya. Mereka menjadi manusia yang sadar akan tujuan mereka, dan membantu menyembuhkan Bumi. Saya sepaham dengan Kahlil Gibran tentang makna anak. Mereka adalah panah yang akan melesat. Kami orang tua hanya membekali perjalanan mereka sebaik mungkin.

Pernahkah Anda terinspirasi dari anak-anak dalam membuat tulisan?

Kalau secara harfiah dijadikan cerita sih belum. Tapi beberapa kali membuat artikel berdasarkan kejadian saya dengan Keenan. Sudah pernah saya posting juga di blog.

Apa upaya Dewi dan suami dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak-anak? 

Memberikan ruang bagi mereka untuk berekspresi, tapi juga punya guideline untuk mereka belajar disiplin.

Tolong berikan sedikit tips dari Anda dalam menciptakan waktu yang maksimal untuk anak-anak.

Semua profesi pasti punya tantangan masing-masing perihal pembagian waktu. Kalau saya, saya harus benar-benar menyediakan waktu untuk nulis secara khusus, 2-3 jam sehari, sisanya saya harus bagi untuk anak-anak dan keluarga. Intinya sih ya ditata saja waktunya, karena kalau nggak banyak yang keteteran. Saya sengaja nggak ambil banyak kerjaan selama Atisha masih ASI. Rencananya saya ASI sampai 2,5 thn. Jadi sebisa mungkin selama periode itu, saya lebih banyak bersama anak-anak.