Monday, December 22, 2014

Majalah Marketeers | Pilpres 2014 | Juli, 2014 | by Leva Fairus


Ekspektasi ke depan setelah diumumkannya Jokowi sebagai Presiden 2014-2019?

Pertama, saya berharap terjadi rekonsiliasi antara dua pihak pendukung. Mengingat sikap-sikap yang runcing cenderung ekstrem untuk mendukung dan tidak mendukung salah satu capres, ditambah efek kampanye hitam, saya rasa rekonsiliasi ini menjadi penting. Setelah itu, tentu saya berharap Pak Jokowi bisa segera bekerja dengan optimal, didukung oleh orang-orang bersih dan terpilih, untuk melaksanakan program-programnya.

Permasalahan yang dianggap penting yang harus segera diselesaikan secepatnya oleh Bapak Jokowi setelah terpilih menjadi presiden 2014-2019?

Sulit bekerja jika tidak didukung rasa percaya. Kita harus ingat bahwa hampir 50% rakyat memilih Pak Prabowo, dan Pilpres 2014 ini bukan pemilihan biasa karena banyaknya fitnah yang digunakan. Saya rasa Pak Jokowi harus terlebih dulu memulihkan rasa percaya itu. Beberapa gebrakan besar dan populis di awal langkah-langkahnya mungkin bisa membantu memulihkan rasa percaya itu. Atau dengan berdialog secara strategis kepada corong-corong masyarakat. Biasanya, kebijakan yang populis itu datang dari sektor ekonomi atau hukum. Jadi, kedua hal tersebut bisa menjadi prioritas.

Dan sebagai seorang wanita juga seseorang yang bekerja di bidang seni, apakah ada program yang dapat direkomendasikan kepada presiden nanti?

Untuk bidang seni, kreativitas itu bisa tumbuh secara maksimal di suasana yang damai, kondusif, dan bebas. Jadi, suasana seperti itu harus terus dipelihara. Perlu ada insentif juga kepada para seniman untuk berkarya dan penyelenggara seni untuk memudahkan acara-acara kebudayaan, entah itu berupa keringanan pajak pertunjukan, keringanan pajak royalti, dsb. Karena seniman biasanya mencari nafkah dari dua itu, membuat karya dan menyelenggarakan acara seni. Insentif atas keduanya bisa memudahkan para seniman untuk berkarya secara berkesinambungan.