Thursday, April 2, 2020

Media Indonesia | Hari Buku | Mei, 2017 | Iqbal Musyaffa


Seberapa penting peran buku dan budaya membaca dalam membentuk kepribadian dan karakter masyarakat? 

Membaca dan keterbukaan terhadap ilmu menurut saya akan amat bisa berperan untuk menciptakan masyarakat yang gemar belajar, gemar berpendapat secara konstruktif, dan juga lebih inklusif, karena dalam membaca ada proses dialogis yang berjalan antara si pembaca dan apa yang ia baca. Semakin sering ia melakukannya dan semakin beragam bacaannya, otomatis dinamika ilmu dalam khazanah pribadinya juga semakin kaya. Dan jika hal tersebut dilakukan oleh mayoritas masyarakat, otomatis pula terbentuk kebudayaan yang sejalan.

Apakah pencapaian Mbak Dee saat ini juga dipengaruhi dari hobi membaca?

Tentu saja. Saya menentukan apa yang saya saya tulis, gaya yang saya adopsi, preferensi yang saya suka, sumber utamanya adalah dari hal-hal yang saya baca sepanjang hidup.

Sebagai penulis, apa yang menginspirasi Mbak Dee dalam membuat karya?

Saya terinspirasi oleh hidup itu sendiri, informasi maupun peristiwa yang terjadi atas saya maupun di sekitar saya.

Buku apa yang mempengaruhi karya-karya dan kepribadian Mbak Dee?

Setiap masa memiliki buku-buku yang berbeda. Pada masa kecil, saya banyak dipengaruhi oleh buku-buku Enid Blyton dan komik. Waktu remaja, saya banyak membaca buku-buku serial, dari mulai serial silat sampai komik Jepang. Waktu dewasa, saya mulai tertarik buku-buku puisi, nonfiksi, filsafat, spiritualitas, dan sains modern. Kesemuanya itu memberikan kontribusi terhadap gaya maupun preferensi tema menulis saya sekarang.

Menurut Mbak Dee, bagaimana cara untuk bisa meningkatkan minat baca masyarakat?

Memberikan kemudahan akses terhadap buku dan kegiatan membaca. Ini peer besar untuk dipikul oleh pemerintah maupun dari tingkat keluarga. Dari pemerintah, tugasnya adalah menciptakan ekosistem yang lebih baik untuk industri, kesejahteraan penulis, dan kreativitas. Untuk di level keluarga, membaca harus dijadikan sebuah kebiasaan, buku dijadikan sesuatu yang punya value, representasi dari kebersamaan dan kegiatan yang menyenangkan, agar kebiasaan membaca menjadi satu aktivitas yang rutin bahkan dinanti-nanti.

Apa yang ingin Mbak Dee sampaikan agar masyarakat gemar membaca?

Rutinlah mengadakan buku di rumah, baik membeli atau meminjam ke perpustakaan. Sama seperti jawaban sebelumnya, jadikan kegiatan membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan.