Sunday, April 5, 2020

Wawancara Tugas Kuliah | Profesi Penulis | April, 2019 | Lathifa


1.     Menurut Anda, kompetensi apa saja yang harus dimiliki seorang penulis agar tetap bisa konsisten dengan karier menulisnya?

Seorang penulis baiknya memiliki keahlian dan teknik seni penceritaan yang baik. Ia pun harus menguasai tata bahasa Indonesia yang baik. Penulis juga baiknya memahami industri perbukuan secara umum, tahu apa hak dan kewajibannya ketika berhadapan dengan penerbit dan pihak lainnya. Dan, yang terpenting, penulis mau untuk terus mengasah ilmunya, terus memperluas wawasannya, dan produktif berkarya.


2.     Apakah Anda pernah memikirkan profesi lain selain apa yang telah Anda tekuni saat ini?

Saya sudah multiprofesi sejak lama. Saya punya karier musik, baik menyanyi maupun mencipta lagu. Jadi, sejak awal, menulis memang bukan karier saya satu-satunya. Di luar dari musik dan menulis, saya belum terpikir untuk menekuni profesi lain, karena dua hal itu saja sudah sangat menyita waktu saya. Saya lebih tertarik untuk mengeksplorasi kembangan-kembangannya, misalnya menulis genre nonfiksi, menulis buku masak, dll.

3.     Menurut Anda, bagaimana lapangan pekerjaan penulis saat ini? Apakah profesi penulis terutama penulis fiksi masih bisa populer hingga puluhan tahun mendatang?

Keahlian menulis itu menurut saya salah satu keahlian yang sangat berguna di segala bidang. Intinya, semakin seseorang mahir menulis maka logika berpikirnya semakin runut dan jernih. Hampir semua pekerjaan akan terbantu dengan kemampuan tersebut. Manusia sendiri akan selalu membutuhkan cerita. Sejak awal peradaban, manusia berkomunikasi lewat cerita. Bagaimana otak kita memahami realitas sama dengan bagaimana otak kita mencerna hasil imajinasi. Menurut saya, fiksi merupakan kebutuhan yang vital bagi manusia. Medianya mungkin bisa berkembang, seperti sekarang kita punya buku digital, dsb, tetapi keahlian yang dibutuhkan untuk memformulasikan dan memaparkan sebuah cerita pada dasarnya sama. Dan, ini akan bertahan selama peradaban manusia masih ada.