Saturday, April 4, 2020

Arkuma Kidz Magz | Cita-cita Penulis | Juni, 2018 | Debby Lukito


Adakah peristiwa seru yang membuat Kak Dee suka menulis? Apakah ini cita-cita sejak kecil? Siapa tokoh yang menginspirasi dalam bidang literasi?

Saya sudah senang menulis sejak kecil. Walau tidak pernah mencantumkan cita-cita sebagai penulis, sejak umur 9 tahun saya sudah mulai mencoba menulis novel dan mengangankan satu hari akan melihat buku saya dijual di rak toko buku. Memutuskan senang menulis karena awalnya saya senang berkhayal, senang merangkai cerita, dan ingin membagikannya ke orang lain. Saya merasa hal itu bisa terfasilitasi dengan baik lewat menulis.

Kak Dee sempat eksis sebagai penyanyi, adakah keinginan untuk kembali ke dunia tarik suara dan apa rencana ke depan dalam bidang penulisan?

Keinginan untuk kembali berkarya di bidang musik tetap ada, tetapi saya belum tahu pasti kapan. Mudah-mudah bisa di tahun 2018 ini. Untuk di bidang penulisan, dalam waktu dekat saya akan melansir buku tentang proses kreatif.

Jika ada pembaca cilik yang nantinya ingin menjadi seorang penulis, apa kiat-kiat / "do atau don't" yang ingin Kak Dee bagikan untuk mereka?

Do: Banyak membaca, banyak mencoba, dan upayakan setiap tulisanmu bisa tamat. Menulis adalah keahlian yang harus terus diasah. Jam terbang sangat menentukan.
Don’t: Takut gagal, takut tulisan kita jelek. Fase itu harus dilewati, menulislah sampai kamu benar-benar puas dengan hasil tulisanmu.

Pesan Kak Dee untuk 'kids jaman now'?

Galilah minatmu, seluas-luasnya. Hari ini mungkin kamu suka melukis, besok suka menyanyi, tidak apa-apa. Eksplorasi saja. Begitu ketemu bidang atau hobi yang kamu suka, coba tekuni dengan semangat ingin menjadi yang terbaik.