Tuesday, February 10, 2009

FISIP UHAMKA | Tips Menulis | Nov, 2008 | By Winnie

1). Bagaimana langkah-langkah menulis dengan baik untuk para pemula?

Banyak mencoba, jangan takut gagal, dan banyak membaca. Kita bisa mulai dengan ‘mengimitasi’ penulis yang kita suka, sampai akhirnya kita menemukan karakter diri kita sendiri. Tentu saja prosesnya tidak instan. Jadi harus banyak-banyak mencoba. Kalaupun ceritanya tidak selesai, biar saja. Yang penting jangan pernah berhenti.

2). Tips/kiat-kiat apa yang dilakukan selama proses penulisan berlangsung?

Meluangkan waktu khusus untuk menulis tanpa diganggu. Kalau bisa ada disiplin yang jadi tolok ukur, bisa dari durasi waktu bekerja atau banyaknya halaman per hari. Sediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, jadi kalau ada kata-kata yang kita ragu arti dan penggunaannya, selalu ada acuan yang stand by.

3). Kriteria-kriteria buku best seller itu seperti apa? Adakah acuan tersendiri dan tolok ukur dalam hal penulisan buku-buku yang dibuat (segmentasi pembaca, tema, dll)?

Hmm. Saya rasa yang lebih kompeten untuk menjawab ini adalah penerbit. Saya sendiri hanya menuliskan apa yang saya suka, dan apa yang ingin saya baca. Menurut saya segmen pembaca dan tema tidak menjadi patokan bagi sebuah buku best-seller atau tidak, karena bisa sangat bervariasi. Yang jelas, buku best-seller biasanya punya sudut menarik yang menyentuh hati atau menggelitik keingintahuan banyak orang.

4). Bagaimana proses awal dalam pembuatan tulisan hingga menjadi sebuah buku (cerita)?

Biasanya jadi draft dulu, lalu dikirim ke editor untuk diedit, setelah ada manuskrip yang final, baru dilanjutkan ke bagian lay-out, terakhir ke percetakan.

5). Apa saja kelemahan/kendala yang dihadapi ketika proses penulisan ini dibuat hingga sampai ke penerbit? Langkah/kiat apa yang dilakukan dalam menghadapi hal tersebut?

Sebelum naskah tsb rampung, tantangan si penulis ya hanya menyelesaikannya saja. Baru sesudah itu dia tinggal mencari penerbit yang pas, menyamakan visi-misi dengan penerbit, dsb. Untuk mencari penerbit yang tepat bisa dilakukan dengan cara browsing di toko buku, lalu kita cari buku-buku yang kira-kira setema atau senada dengan buku kita, dan kita cari tahu penerbitnya siapa. Dan lebih baik kita kirimkan naskah ke lebih dari satu penerbit untuk memperluas kans.

6). Berapa lama proses yang dibutuhkan dalam penerbitan buku?

Tidak tentu. Tergantung finalisasi draft-nya. Tapi kalau sudah sampai ke editor, biasanya 1-2 bulan sudah bisa rampung untuk sampai ke percetakan.

7). Kiat sukses menjadi penulis untuk para pembaca?

Tidak berorientasi semata-mata pada pembaca, tapi yang terpenting adalah ke pada diri sendiri. Karena tulisan yang baik dan menyentuh adalah tulisan yang jujur dan otentik.